Sejarah Simbang Wetan "Asal Nama" (1)


Simbang adalah sebuah nama daerah di Pekalongan. Sedangkan Wetan adalah sebuah nama arah mata angin dalam bahasa indonesia disebut Timur.
Jadi Simbang Wetan adalah daerah Simbang bagian Timur, maksudnya Wetan yakni sebelah timurnya sungai, sedang barat sungai disebut dengan Simbang Kulon.
.
Adapun nama Simbang sendiri berasal dari kata wesi kemambang, sebutan masyarakat waktu itu untuk menyebut sebuah kapal yakni besi (wesi) yang terapung (kemambang) di air. Maka diceritakan bahwa Simbang dulunya adalah sebuah daerah perairan. Ada yang mengatakan perairan tersebut adalah sebuah lautan yang di buat bersandar kapal-kapal dan menjadi lalu lintas komoditi, namun lambat laun lautan tersebut  surut dan mengering hingga menjadi sebuah daratan sampai saat ini.
.
Cerita yang kedua, bahwa Simbang bukanlah sebuah lautan sebagaimana digambarkan dalam cerita diatas, namun benar bahwa di daerah tersebut banyak kapal (wesi kemambang) yang singgah dan berlalu lalang karena memiliki sungai yang cukup besar yang menjadi lalulintas utama pada waktu itu, hingga kedatangan pihak luar yang hendak masuk menaklukan dan menjajah simbang, maka warga simbang yang terkenal memiliki kanuragan tinggi dan sakti, saat itu bergerak melawan.

Salahsatu strateginya adalah memutus jalur tranportasi utama berupa sungai yang menjadi kelebihan bangsa penjajah dengan armada laut mereka, dengan cara menutup (nguruk) sungai besar tersebut hingga menjadi sebuah daratan.
.
Maka para leluhur dulu untuk megingatkan pada generasi setelahnya bahwa daerah tersebut dulunya adalah sebuah jalur lalunitas kapal utama maka dinamailah dengan nama Simbang dari asal kata Wesi Kemambang.
Simbang Wetan untuk menyebut daerah timur sungai, sedangkan Simbang Kulon untuk Barat Sungai.
.
Cerita diatas dibuktikan dengan adanya para warga yang menemukan jangkar, jaring dan lain-lain yang menandakan bahwa kapal dan perahu pernah berada di daerah simbang. Dan simbang dalam masa lalu meliputi desa-desa yang ada di sekitar kecamatan Buaran dan Pekalongan Selatan saat ini.
.
.
Bersambung.........,


Oleh. Tim Sejarah Ansor Simbang Wetan


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sejarah Simbang Wetan "Asal Nama" (1)"

Post a Comment