Dalam musyawaroh kitab Fathul
Qorib NU Simbang Wetan minggu kemarin (14/10) sampai pada pembahasan hukum
puasa di hari syak adalah makruh tahrim dengan tanpa sebab. Kemudian timbulah
pembahasan tentang apa yang dinamakan hari syak, apa yang dimaksud makruh
tahrim, dan sebab apa yang bisa mehilangkan kemakruhan puasa dihari syak
tersebut.
- Hari syak (يوم الشك) yakni hari tanggal
30 bulan Sya’ban, dimana pada hari tersebut langit cerah tidak tertutup awan
namun terdapat keragu-raguan didalamnya antara sudah masuk bulan Romadhon
ataukah masih dalam bulan Sya’ban[1].
Kemudian apa kriteria yang
menyebabkan keragu-raguan tersebut, disebutkan oleh syekh Ibrahim al-Bajuri
dalam syarahnya yakni[2]:
1. Tersiarnya kabar hingga
terjadi perbincangan ditengah masyarakat bahwa hilal telah terlihat namun tidak
diketahui siapa orang yang telah melihat hilal tersebut.
2. Orang yang melihat hilal tersebut tidak dapat dipercaya
persaksianya, seperti anak kecil, budak dan orang-orang fasiq.
Kemudian keterangan tambahan tentang definisi fasiq yakni
lawan kata sifat adil atau dapat dipercaya dan diterima persaksianya, dalam syarah
Al-Bajuri disebut fasik yakni seorang yang melakukan dosa besar, atau secara terus
menerus melakukan dosa kecil. namun jika
ketho’atan seseorang mengalahkan perbuatan maksiat orang tersebut maka ia tidak
dapat dikatan fasik.[3]
- Apa yang dimaksud dengan makruh tahrim
Makruh Tahrim yakni pelakunya dikenai dosa, berbeda
dengan dengan makruh Tanzih yang mana pelakunya tidak dikenai dosa. Adapun perbedaanya
dengan hukum Haram, yakni makruh Tahrim ketetapan hukumnya diambil dari dalil atau
nas yang masih memungkinkan untuk dita’wil, sedangkan haram, dalil yang
dijadikan sandaran hukum adalah dalil qot’i yang tidak lagi membutuhkan penta’wilan
baik dari Al-Qur’an, Sunnah, Ijma’, ataupun Qiyas.[4]
- Sebab apa yang bisa mehilangkan kemakruhan puasa dihari syak
tersebut.
Sebab- sebab yang bisa menghilangkan kemakruh Tahriman
puasa hari syak sebagai berikut,
Pertama, bersaamaan dengan puasa yang telah menjadi adat, Meneruskan
puasa sebelumnya yang telah dilakukan, Qodho’ Puasa, puasa Nadzr, Puasa Kafarot
dan puasa yang diperintahkan oleh Imam sebelum melaksanakan sholat Istisqo’. [5]
oleh. Ansor Simbang Wetan
[1]
ويوم الشك هو يوم الثلاثين من شعبان إذا لم ير الهلال ليلتها مع الصحو. وتحدث
الناس برؤيته ولم يعلم عدل رآه أو شهد برؤيته صبيان أو عبيد أو فسقة. (حاشية
الباجوري على شرح ابن القاسم الغازي، بلفظ فتح القريب على شرح الغاية التقريب، ج.1
ص.566 )
[2] فالحاصل ان يوم
الشك صرتين : الاولى ان يتحدث الناس مطلقا برأيته من غير تعيين لأحد رآه والثانية
ان يشهد به عدد ممن ترد شهادتهم. (حاشية الباجوري على شرح ابن القاسم الغازي، ج.1
ص.567)
[3] (العدالة) وهي لغة التوسط و(شرعا)....وقوله
تمنعها من اقتراف الكبائر اي من ارتكابها فمتى ارتكب كبيرة فسق. وأما الصغيرة فان
أصر عليها فسق أيضا كما يقتضيه قوله في شروط العدالة غير مصرّ على القليل من
الصغائر إلا ان تغلب طاعاته على معاصيه فلا يكون فاسقا (حاشية الباجوري على شرح
ابن القاسم الغازي، باب الأقضية والشهادات. ج.2 ص.661-662)
[4] (تحريما) أي كراهة تحريما. وقوله وتنزيها اي
وكراهة تنزيه فهما منصوبان على المفعولية المطلقة على تقدير مضاف. والفرق بين كراهة
التحريم وكراهة التنزيه أن الأولى تقتضى الإثم والثاني لاتقتضيه. وإنما أثم هنا حتى
على القول بأن الكراهة للتنزيه للتلبس بالعبادة الفاسدة، والفرق بين كراهة التحريم
والحرام مع أن كلا يقتضي الإثم ان كراهة التحريم ما ثبتت بدليل يحتمل التأويل
والحرام ما ثبت بدليل قطعي لا يحتمل التأويل من كتاب أو سنة أو إجتماع أو قياس. (حاشية
الباجوري على شرح ابن القاسم الغازي. ج.1 ص. 364)
[5] (ويكره) تحريما (صوم يوم الشك)
بلا سبب يقتضي صومه، وأشار المصنف ليعض صور هذا السبب بقوله (إلا أن يوافق عادة
له) في تطوعه كمن عادته صيام يوم وإفطار يوم فوافق صومه يوم الشك، وله صيام يوم
الشك أيضا عن قضاء ونذر.
(كمن عادته صيام يوم) اي وكمن يسرد الصوم أو كان يصوم الاثنين والخميس،
وقوله فوافق صومه يوم الشك أي فوافق يوم صومه بحسب عادته يوم الشك.( حاشية الباجوري على شرح ابن القاسم الغازي. ج.1 ص. 566)
Terima kasih post ini sangat bermanfaat semoga selalu update ya,
ReplyDelete